Rabu, 11 Maret 2009

Bikin game itu mudah

Siapa bilang bikin Game di HP itu sulit??? katakan tidak..!!!!


itu hanya ungkapan bagi orang yang malas belajar dan berkreasi aja...(padahal yang ngomong juga termasuk) tapi cuman dikit lo..., sebenarnya bikin game itu mudah, tapi.. tak semudah apa yang kita bayangkan, harus belajar dengan serius dan konsisten, karena segala sesuatu tidak akan pernah bisa berhasil hanya dengan membayangkan saja. Salah satu hambatan adalah menyerah sebelum bertanding, menganggap sulit sesuatu yang mestinya mudah, misalnya mau bikin mobile game berbasis java, denger kata-katanya aja udah males apalagi klo udah nglihat makanan script, script dan script, waw... jadi pengen nyambung terus ngerokoknya!(itu bagi yang ahli hisab seperti gue..!). yah..memang tergantung minat dan hobi juga sich! tapi aneh ya? banyak orang yang suka main game tapi gak suka bikin game, begitu juga sebaliknya ada juga orang yang suka bikin game, tapi gak suka ngegame, aya aya bae??? udah ah.. serius dikit ya??. kali ini akan saya paparkan cara bikin game dengan mudah:

1. Pertama tama kita harus bikin konsepnya dulu, mulai dari judul yang mau kita angkat, sekenario, aktor(player) dsb. kayak bikin film gitu! pokoknya harus pinter ngarang cerita deh.., karena game adalah merupakan sebuah cerita yang diangkat dalam bentuk permainan, sehingga dapat dipahami lebih mudah.

2. Harus punya hobi corat-coret (tapi jangan asal coret!!), artinya dalam pembuatan game tidak luput dari dunia grafik, gambar merupakan salah satu elemen penting. karena sebagai syarat mutlak untuk membuat game, sebab mana ada game tanpa gambar??? lha.. dalam pembuatan gambar dapat disebut dengan game desain yang harus dibuat secantik mungkin mulai dari background lingkungan, karakter pemain, karakter musuh, dan objek lainnya sehingga menarik perhatian para user untuk memainkannya.

3. lha.... yang ke tiga ini baru pengkodingan, klo gak bisa nyusun script sendiri, jadi editor aja dulu, yaitu mengedit contoh-contoh game yang sudah ada, karena seorang developer adalah mengembangkan sesuatu yang sudah ada sehingga menjadi lebih bagus. tapi jangan ngedit melulu!! ntar disebut Editor lo..., dengan biasa mengedit maka sedikit demi sedikit kita akan memahami alur program yang kita buat sehingga nantinya akan bisa menyusun source kode sendiri. klo mau belajar bikin mobile game klik disini untuk mengetahui dasar-dasar pembuatan game sederhana. silahkan mencoba!!!

,

 

Hasan Mabrury for E-mail h4s4n_69@yahoo.com Bloggerized by Hasan Mabrury © 2009